Observasi Higienitas dan Sanitasi Le Cafe

Tangerang, 10 April 2018

Pada tanggal 16 Maret 2018, salah satu mata kuliah di dalam program studi Hospitality and Tourism Management yaitu mata kuliah Komoditas Nutrisi Makanan dan Minuman mengadakan sebuah kegiatan observasi di sebuah laboratorium yaitu Le Cafe. Observasi mata kuliah yang dibimbing oleh Murdomo, S.E., M. Pd. ini berfokus pada masalah higienitas dan sanitasi dari Le Cafe. Menurut Bapak Murdomo sendiri, tujuan dari observasi ini agar mahasiswa dapat mengetahui seberapa besar Le Cafe menaruh perhatian terhadap higienitas dan sanitasinya yang tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap minat beli dari pengunjung.

Adapun mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini dibagi menjadi empat kelompok dan secara bergantian melakukan observasi. Ada dua ruangan yang diobservasi oleh mahasiswa, yaitu dapur dan kafe itu sendiri. Mahasiswa juga diminta mencatat tentang hal yang kurang baik dari higienitas dan sanitasi. Salah satu contohnya adalah meja basah yang tidak segera dikeringkan atau salah satu station di dapur yang ditinggal dalam keadaan kotor. Tidak lupa mahasiswa juga diminta untuk mencatat hal yang sudah baik, contohnya meja pelanggan yang segera dibersihkan setelah pelanggan meninggalkan tempat.

Setelah dicatat, mahasiswa diminta untuk membuat laporan tentang higienitas dan sanitasi tersebut. Nantinya, laporan tersebut akan dikumpulkan ketika mahasiswa mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Komoditas Nutrisi Makanan dan Minuman. Laporan tersebut adalah salah satu bentuk penilaian yang juga menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi mata kuliah tersebut, terutama dalam materi Hygiene.

Kegiatan observasi ini adalah salah satu kegiatan yang mendukung mata kuliah Komoditas Nutrisi Makanan dan Minuman. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori tetapi ikut terlibat langsung dalam mempraktekkan teori yang sudah diberikan oleh dosen. Dapat dikatakan, observasi ini adalah sebuah kegiatan positif yang selain membuat mahasiswa tidak jenuh belajar di kelas, tetapi mereka juga mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan mereka ke dalam dunia nyata atau di bidang yang mereka pilih. (Gerry HTM 2016)


Artikel ini dapat dilihat juga di atmajaya.ac.id