Outstanding, Accountable, Superb, Intelligent, Solidary (OASIS)

OASIS merupakan acara pengenalan prodi Pariwisata yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 September 2020. Nama OASIS dipilih karena OASIS mempunyai arti yang bermakna yaitu sumber air di padang gurun. Harapannya mahasiswa Pariwisata Unika Atma Jaya dapat seperti OASIS, meskipun jumlahnya tidak terlaku banyak, namun dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bernilai tinggi. Acara tersebut diselenggarakan oleh HUMILITY 2020/2021. Acara ini sangatlah istimewa karena dengan berjalannya acara ini mahasiswa baru dapat mengenal lebih dalam mengenai prodi Pariwisata. Selain itu, mahasiswa baru juga lebih mengenal Dosen, kakak tingkat dan sesama mahasiswa baru. Acara ini diselenggarakan selama dua hari dengan menggunakan media Zoom Meeting. Pada hari pertama, acara dimulai pukul 09.00-15.45 WIB sedangkan hari kedua dimulai pukul 09.00-15.15 WIB.

 

Pada hari pertama acara dibagi menjadi lima sesi. Acara dimulai dengan pembukaan MC dan doa pembuka. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Dekan FIABIKOM yaitu Dr. Yohanes Eko Widodo, S.H., S.Sos., M.M, Kepala Prodi Pariwisata (Astuti Kusumacitra Laturiuw, S.Pd.), salah satu anggota BPM, hingga Ketua Humility (Graciella Rehulina Em Riahta). Acara OASIS diresmikan oleh Bapak Dr. Yohanes Eko Widodo, S.H., S.Sos., M.M. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengenalan Dosen, Karyawan Prodi Pariwisata, dan Mahasiswa Baru. Supaya tidak kalah menarik, panitia HUMILITY juga menyiapkan Ice Breaking  dan Games selama acara OASIS berlangsung. Sesi pertama merupakan penjelasan mengenai Prodi Pariwisata oleh Ibu Astuti Kusumacitra Laturiuw, S.Pd. Sementara sesi kedua merupakan penjelasan Lab dan Tata Tertib Prodi Pariwisata oleh Ibu Titis Puspitarini S.Sos., M.BA. Kemudian dilanjutkan oleh sesi ketiga yaitu sosialisasi perbedaan sekolah dengan kuliah oleh Bapak Drs. Suharsono M.Si. Tibalah sesi yang sangat bermakna dimana semangat kuliah kita dibakar kembali melalui sesi keempat yaitu Motivasi Kuliah oleh Bapak Dr. Ir. Heru Prasadja, M. Sc. Sampailah kita di sesi terakhir yaitu sosialisasi mengenai Ecotourism di Indonesia dan Sustainable Tourism oleh Bapak Yerik Afrianto Singgalen. Acara hari pertama ditutup dengan foto bersama dan doa penutup.

 

Masuklah acara OASIS hari kedua, Acara pada hari kedua cenderung lebih ringan dan santai karena memiliki sesi dimana kita dapat mempererat kebersamaan dengan berbagi pengalaman bersama kakak tingkat dan para alumni. Acara hari kedua dibagi menjadi empat sesi, dimulai dengan sambutan MC dan Doa Pembuka yang kemudian dilanjutkan dengan ice breaking dan menyaksikan video campus tour bersama. Masuklah kita pada Sesi pertama dimana Graciella Rehulina Em Riahta selaku ketua Humility 20/21 membawakan Perkenalan Humility 20/21 dan 19/20 serta Sharing Kegiatan serta Pengalaman Seru Prodi Pariwisata. Sesi kedua merupakan Pengenalan dan Penjelasan Ormawa oleh panitia HUMILITY 19/20. Sedangkan sesi terakhir adalah Sharing Alumni sekaligus QnA oleh Clara Fransisca, Vania Aurelia, Trifena Agata Mesayu, James Marcellius dan Marvin Christian. Setelah acara  inti selesai, panitia mengajak mahasiswa baru untuk bermain games bersama yang dilanjutkan dengan menyaksikan tugas video mahasiswa baru mengenai pengetahuan mereka tentang pariwisata dan destinasi wisata disekitar mereka sembari menyantap snack yang telah ditentukan. Tidak lupa, panitia mengumumkan pemenang dari kriteria yang telah ditentukan (untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di Ig humility_uaj). Sebelum acara ditutup, mahasiswa baru diminta untuk mengisi kesan dan pesan mengenai kegiatan Pengenalan Prodi Pariwisata dan lembar evaluasi BPM. Kebersamaan acara “OASIS” (Outstanding, Accountable, Superb, Intelligent, Solidary) pun resmi berakhir, acara ditutup dengan foto bersama dan doa penutup.

(Katie Loewel HTM 2019 dan Karyn Novinka HTM 2019)