Program Studi Hospitality

Pada tahun 2010, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) membuka program studi ketiga yakni Program Studi Hospitality yang diawali oleh program pendidikan dan latihan bidang Pariwisata, yaitu Pusat Pengembangan Pariwisata Atma Jaya (P3A). P3A yang didirikan pada tanggal 01 Juli 1983 dengan jurusan Travel merupakan lembaga pelatihan dengan masa studi 2 tahun dan memberikan bukti kelulusan berupa sertifikat. Tujuh tahun kemudian dibuka jurusan Perhotelan. Tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan tenaga kerja pariwisata yang mengutamakan luaran yang siap dan mampu bekerja dengan bekal utama technical skill berstandar Internasional untuk mengisi lowongan kerja di lini depan (front line employees).

Seiring dengan perkembangan yang terjadi, tuntutan terhadap pengembangan aspek keilmuan dalam pariwisata mulai meningkat. Tahun 1985 diadakan seminar keilmuan pariwisata di Universitas Udayana, Bali, dengan menghadirkan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu sebagai upaya untuk melakukan perubahan pola pikir tentang pariwisata sebagai sebuah ilmu (Sodikin, 2008). Perdebatan tentang keilmuan pariwisata telah memasuki babak baru dengan adanya Deklarasi Ilmu Pariwisata pada  tanggal 24 Agustus 2006 di Jakarta  yang  menyatakan  bahwa  berdasarkan berbagai kajian, pariwisata sudah memenuhi persyaratan sebagai ilmu yang didasarkan pada filsafat ilmu, sehingga dalam Rapat Koordinasi Pendidikan Pariwisata yang terdiri dari akademisi, asosiasi, dan pemerintah, bersepakat untuk menyatakan: pertama, Pariwisata adalah cabang ilmu yang mandiri; kedua, program S1, S2, S3 Ilmu Pariwisata di berbagai lembaga pendidikan tinggi sudah layak diberikan izin oleh Departemen Pendidikan Nasional, baik sebagai Fakultas dalam suatu Universitas maupun Institut sebagai lembaga mandiri (Kusmayadi, 2008).

Pengakuan pariwisata sebagai ilmu ditandai dengan keluarnya surat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada 31 Maret 2008 untuk membuka S-1 Pariwisata di Bandung dan Bali. Hal ini dianggap sebagai sebagai sinyal pengakuan dari pemerintah bahwa Pariwisata adalah suatu gejala yang sangat kompleks didalam masyarakat, yang memerlukan pendekatan multidisiplin atau bahkan transdisiplin untuk mengkajinya. Pariwisata kini telah berkembang menjadi suatu subyek pengetahuan yang pantas dibahas secara ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah (science).

Melihat perkembangan dan peluang berkembangnya P3A menjadi pendidikan pariwisata jenjang strata satu, maka pada 9 Juni 2010 didirikanlah Program Studi Hospitality berjenjang pendidikan strata satu dibawah Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) dengan Surat Keputusan Mentri Pendidikan Nasional No. 78/D/O/2010.

Setelah 3 tahun berjalan, Program Studi Hospitality mengajukan akreditasinya yang pertama. Berdasarkan surat keputusan BAN PT No. 176/SK/BAN-PT/ Akred/VI/2014 dinyatakan bahwa Program Studi Sarjana Hospitality, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta telah terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B. Sertifikat akreditasi program sarjana ini berlaku 5 (lima) tahun, sejak tanggal 19 Juni 2014 sampai dengan 18 Juni 2019.